Heat Pump, Pemanas Air dengan Teknologi Mutakhir

Heat Pump, Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir
Heat Pump, Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir

Heat Pump, Pemanas Air dengan Teknologi Mutakhir – Halo bro-sis, kali ini Badrul Mozila akan memberikan informasi seputar Heat pump. Apakah kata ini terdengar begitu asing di telinga kalian? Bagi orang awam mungkin saja ya, namun sebenarnya istilah tersebut berkaitan dengan pemanas air atau water heater  yang biasa kita gunakan sehari-hari. Heat pump water heater atau pemanas air pompa panas adalah sebuah teknologi modern yang mampu memanfaatkan lingkungan sekitar untuk menghasilkan panas.

Heat Pump, Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir

Heat Pump, Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir
Heat Pump, Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir

Dengan memanfaatkan panas dari udara sekitar, kita dapat memperoleh air hangat sebagaimana yang dihasilkan juga oleh pemanas air tipe lain. Yang mengejutkan adalah karena cara kerjanya yang sebenarnya sudah digunakan oleh perangkat rumah tangga lainnya di rumah kita.

Bagaimana sebenarnya prinsip kerja pemanas air pompa panas?

Kalian pasti tahu AC bukan? AC atau Air Conditioner yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan ternyata memiliki cara kerja serupa dengan yang digunakan oleh pemanas air atau yang disebut dengan Heat Pump. Heat Pump sendiri menggunakan sistem pompa panas.

Yang membedakan adalah, sistem kerja pemanas air pompa panas merupakan kebalikan dari sistem kerja yang digunakan oleh AC. Pada saat mesin dihidupkan, maka Compressor akan menyala. Udara yang berada di sekitar ruangan diserap melalui alat yang disebut Evaporator. Energi yang didapatkan dari udara panas sekitar kemudian akan menguapkan refrigerant. Nah, refrigerant berbentuk uap inilah yang selanjutnya dikompres menjadi uap panas.

Kemudian panas dari Refrigerant tersebut akan ditransfer ke air. Tahap berikutnya adalah refrigerant masuk melalui capiler tube atau expansion valve untuk menurunkan tekanan. Selanjutnya bentuknya akan berubah menjadi cair sesuai dengan sifat asli dari refrigerant tersebut. Refrigerant dalam bentuk cair inilah yang kemudian akan diuapkan oleh Evaporator dan demikian seterusnya dan berulang. Cara kerjanya cukup sederhana bukan? Bagi mereka yang pernah belajar mengenai cara kerja AC pasti akan lebih mudah lagi memahami proses ini. Lantas apa saja jenis-jenis pemanas air jenis ini?

Berbagai Jenis Pompa Panas Yang Biasa Diketahui

Pemanas air pompa panas ini terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya adalah pompa panas sistem gantung, pompa panas floor standing, pompa panas komersial, dan pompa panas untuk kolam renang. Masing-masing jenis memiliki spesifikasi dan keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya. Seperti pompa panas sistem gantung misalnya, pemanas air tipe ini memiliki kelebihan dari segi pemasangan yang tidak ribet dan sangat mudah hanya digantung. Selain itu, jenis ini juga dikenal akan keramahan terhadap lingkungan dan tingkat efisiensi energi yang tinggi.

Untuk jenis pompa panas berikutnya adalah floor standing. Pemanas air jenis ini juga memiliki kemudahan dalam hal pemasangan karena cukup diletakkan di tempat yang kita inginkan, hanya saja jenis ini memakan tempat yang lebih besar karena ukurannya yang cukup tinggi. Pompa panas jenis floor standing juga dikenal akan keramahannya terhadap lingkungan dan kinerjanya yang sangat halus hingga tidak menimbulkan suara bising. Selain itu seperti pompa panas sistem gantung, pemanas air ini memberi kemudahan dalam pengoperasiannya disamping juga menawarkan tingkat efisiensi energi yang tinggi.

Jenis pompa panas berikutnya, yaitu komersial, merupakan pemanas air berukuran besar yang terbilang mudah dari segi pemasangannya dan desainnya pun sangat compact dan kokoh untuk penempatan di luar ruangan. Dari segi efisiensi energi, pompa panas jenis ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena beberapa tipe yang beredar di pasaran telah menyandang label C.O.P 4, yaitu ukuran tingkat efisiensi pompa panas dengan membandingkan energi yang diperoleh dengan energi yang diberikan. Tak cukup sampai di situ, dengan perawakannya yang besar, pompa panas ini dapat bekerja dengan sangat halus atau biasanya disebut dengan istilah super silence.

Untuk jenis pompa panas yang terakhir adalah pompa panas kolam renang, yang sesuai namanya memang dibuat untuk kebutuhan air hangat dalam kolam renang, yang biasanya fasilitas ini terdapat di hotel, resort, maupun fitness centre. Pompa panas jenis ini dapat diaplikasikan dalam kolam renang skala kecil maupun besar, sesuai dengan kebutuhan dari pemakai. Pompa panas kolam renang ini juga pada umumnya sebagian sudah menyandang label C.O.P 4 yang berarti sangat efisien dalam hal pemakaian energi. Setelah tahu akan jenis-jenis dari pemanas air pompa panas, maka kita juga perlu tahu alasan utama kenapa kita perlu menggunakan pemanas air jenis ini.

Mengapa Banyak Orang Menggunakan Pemanas Air Pompa Panas?

Alasan yang paling utama dalam penggunaan pemanas air pompa panas adalah karena efisiensi dari energi yang digunakan, yaitu dapat mencapai 1/3 konsumsi energi listrik dari pemanas air jenis yang lain. Jika kalian adalah seorang pengguna yang sangat mengutamakan efisiensi energi, maka pompa air jenis ini perlu dipertimbangkan. Selain itu, dengan menggunakan pemanas air jenis heat pump, artinya kita dapat menggunakan produk ini secara efektif tanpa perlu tergantung dengan perubahan cuaca. Justru, dalam tingkat kelembaban tertentu dan ketika suhu udara di sekitar naik, performa pemanas air pompa panas akan semakin meningkat.

Selain alasan di atas sebagai bahan pertimbangan, beberapa jenis pemanas air pompa panas seperti yang telah disebutkan memiliki kesamaan dalam hal instalasi yang relatif mudah. Tidak perlu bingung dalam menata ruangan, pemanas air jenis ini dapat ditempatkan di ruang kosong manapun dalam rumah kalian selama ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik.

Alasan terakhir yang tak boleh dilupakan tentunya karena tingkat keamanan pemanas air jenis ini yang tinggi. Karena aliran air dan listrik yang terpisah, hal ini otomatis mengurangi kemungkinan terjadinya korsleting listrik. Sama seperti jenis pemanas air berukuran besar yang lain, pemanas air pompa panas cenderung memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik dari pemanas air jenis yang lain.

Bagaimana? Berminat Dengan Heat Pump Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir Ini?

Bagaimana? Bro-sis berminat untuk menggunakan heat pump, pemanas air dengan teknologi mutakhir? Silahkan komentar di bawah ya, dan mohon untuk tidak menyertakan link aktif.

Nah itulah artikel Badrul Mozila pada kesempatan kali ini mengenai Heat Pump, Pemanas Air Dengan Teknologi Mutakhir. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bro-sis dalam menambah wawasan akan teknologi. Dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke media sosialmu.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: