9 Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang
Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang, Ilustrasi diambil dari Unsplash/Ningyu He

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang – Pada dasarnya, menguasai suatu bahasa dari negara lain adalah suatu keharusan. Mengapa? Karena dengan mengetahui suatu bahasa kehidupan sosial kita akan berkembang. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, maka semakin luas pula relasi kita dan tentunya akan membawa dampak yang positif bagi diri kita.

Bahasa di dunia ini bermacam-macam, salah satunya bahasa Jepang. Kenapa saya menulis tentang belajar bahasa Jepang? Karena menurut saya, Jepang adalah salah satu negara yang sangat maju sehingga bahasa Jepang layak untuk diketahui lebih lanjut.

Selain itu, kebetulan saya sedikit tau tentang bahasa Jepang dan saya pernah ke Jepang. Kalian ingin seperti saya? Mari kita bahas, di bawah ini adalah penjabaran mengenai bagaimana cara cepat belajar bahasa Jepang bagi para pemula. Nah mulai sekarang, Badrul Mozila akan menambah sub konten yang akan membahas seputar Sastra Jepang maupun Budaya Jepang.

Sub konten Sastra Jepang akan diawali dengan artikel kali ini yang berjudul Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang. Kedepan sub konten ini akan di bawakan oleh penulis Badrul Mozila yang baru, yakni Titin Dwi Anita, S.S yang merupakan salah satu lulusan Sastra Jepang di perguruan tinggi swasta di Semarang.

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang
Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang, Ilustrasi diambil dari Unsplash/Ningyu He

Mungkin bro-sis berpendapat, Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang untuk apa sih? Belajar bahasa asing dengan huruf latin yang serupa saja susah. Bagaimana dengan belajar bahas asing dengan huruf kanji yang kebanyakan masyarakat Indonesia tidak tahu apa itu huruf-huruf kanji.

Kalau di ibaratkan itu seperti orang arab belajar bahasa jawa kuno, yang tulisannya menggunakan aksara jawa. Susah? ya memang susah! tapi perkara tersebut hanya untuk orang-orang yang belum belajar. Seperti halnya Bahasa Jepang, yang tentunya perlu dipelajari terlebih dahulu.

Jadi bagaimana sih cara belajar Bahasa Jepang untuk pemula? Berikut Titin melalui Badrul Mozila akan memberikan tips bagaiamana cara belajar Bahasa Jepang dengan baik dan benar.

1. Awali dengan niat dan komitmen yang tinggi

Pada dasarnya, niat merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan sesuatu. Dengan dilandasi dengan niat yang kuat dari dalam hati suatu pekerjaan akan terasa nyaman dan menyenangkan. Pun dengan cara cepat belajar bahasa Jepang ini, jika niat anda sudah benar-benar bulat dan dijalani dengan serius, maka bahasa Jepang akan mudah dipahami secara cepat.

Selain itu juga, komitmen harus dijaga, kita harus berkomitmen dengan diri sendiri. Diusahakan selalu kontinyu saat belajar bahasa Jepang, jangan hanya semangat diawal tetapi terhenti di tengah jalan. Saran saya adalah dengan membuat jadwal belajar, karena suatu hal yang terjadwal dengan baik pasti hasilnya akan baik juga. Selain itu, kita harus berusaha untuk menepati jadwal belajar yang telah kita buat. Jika melanggar, buatlah punishment untuk diri kita.

Jadi, untuk kalian yang yang ingin sukses dalam belajar bahasa jepang, niat dan komitmen adalah kuncinya.

2. Harus mempunyai tujuan, Untuk Apa Kamu Belajar Bahasa Jepang?

Dalam hidup ini, segala sesuatu pasti mempunyai tujuan, begitu juga dengan cara cepat belajar bahasa Jepang. Kenapa kok kita harus mempelajari bahasa ini? Agar kita selalu semangat dan merasa termotivasi. Nah tujuan itu sendiri pasti tiap orang berbeda-beda, bisa jadi karena ingin pergi jalan-jalan ke Jepang.

Atau supaya ingin bisa kuliah di Jepang, bisa karena menyukai orang Jepang dan masih banyak alasan lainnya. Tetapi semua itu adalah hal yang wajar dan sah-sah saja, asalkan alasan tersebut bisa membantu dan memotivasi kita dalam usaha mempelajari bahasa Jepang dengan baik dan benar.

3. Jadikan suatu hal yang menyenangkan

Pastinya dalam hidup ini kita selalu ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan, nah saran saya jadikan cara cepat belajar bahasa Jepang ini sebagai suatu kesenangan untuk diri kita. Dengan menjadikan bahasa Jepang adalah suatu kesenangan, maka diharapkan dalam belajar tidak akan ada suatu keluhan dan diri kita tidak merasa terbebani.

4. Mengenal huruf Jepang

Agar bisa membaca tulisan Jepang, kita wajib tau huruf Jepang. Huruf Jepang terdiri dari tiga bagian, tiga huruf tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Hiragana,
  2. Katakana, dan
  3. Kanji.

Huruf Hiragana dan Katakana merupakan huruf asli Jepang, sedangkan huruf Kanji adalah huruf yang berasal dari Cina yang kemudian mengalami perubahan cara baca dan cara penulisannya. Untuk semantara, huruf Kanji kita kesampingkan dulu karena huruf Kanji itu sedikit rumit, nanti malah tidak fokus dan menurunkan semangat belajar.

Hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengenal dan memahami tulisan hiragana dan katakana. Huruf hiragana biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan katakana digunakan untuk kata-kata serapan dari bahasa asing.

Huruf Hiragana

Huruf Hiragana BadrulMozila

Untuk bisa cepat belajar bahasa Jepang, tentunya bro-sis harus mengenal tiga huruf bahasa Jepang secara umum. Seperti yang sudah Saya singgung sebelumnya, salah satunya adalah huruf hiragana. Berikut contoh Huruf Hiragana.

Okaasan おかあさん ibu
Gakusei がくせい siswa

Huruf Katakana

Huruf Katakana, Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang
Huruf Katakana, Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang

Bagaimana dengan huruf Katakana? Nah berikut contoh dari huruf Katakana yang bisa bro-sis pelajari. Contoh :

salad sarada サラダ
milk miruku ミルク

Tips agar huruf hiragana dan huruf katakana mudah dihafalkan :

  • Menulis huruf hiragana dan katakana secara berulang-ulang sesuai dengan penulisannya dengan benar.
  • Membuat Flashcard huruf hiragana dan katakana secara kreatif.
  • Berlatih menulis kalimat berbahasa Jepang dengan huruf hiragana dan katakana.
  • Perbanyak membaca bacaan yang menggunakan huruf hiragana dan katakana.

Pelajari selengkapnya di Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana Dan Kanji

5. Perbanyak menulis dan menghafal kosakata bahasa Jepang

Menulis adalah kegiatan untuk mengungkapkan suatu pengetahuan ke dalam sebuah catatan. Dengan menulis, kita akan menjadi lebih mudah mengingat sesuatu, terutama dalam menghafal bahasa Jepang. Maka bisa dikatakan kita bisa belajar menulis dan kita bisa belajar melafalkan suatu kosakata serta memahaminya.

Saran dari saya adalah sebaiknya kalian menulis di buku kecil yang mudah dibawa kemanapun kalian pergi. Misalnya sedang menunggu orang, sedang menunggu transportasi, sedang tidak melakukan apapun. Ambil-lah buku kecil itu dan kemudian baca. Dengan demikian jika kalian sudah menghafal kosakata, kalian akan menghemat waktu karena tidak akan membuka kamus.

6. Sering-sering mendengarkan kalimat-kalimat yang menggunakan bahasa Jepang

Pelafalan sebuah kosakata dalam bahasa Jepang memang sedikit rumit, sehingga kita perlu mendengarkan suara asli dari orang Jepang. Dengan sering-sering mendengarkan orang Jepang berbicara, lama-lama kita akan paham dan bisa melafalkannya dengan baik dan benar.

Kalimat dalam bahasa Jepang dapat didapatkan dari berbagai media. Misalnya dari sebuah lagu, atau dengan menonton film jepang (anime). Setelah mendengarkan sebuah lagu, atau menonton film tentu kita akan menyimak dengan serius dan kemudian rasa penasaran akan muncul sehingga kita akan mencari tahu artinya dan mendalaminya. Terlebih jika kita sangat menyukai lagu-lagu atau film tersebut. Pasti kita akan merasa senang dan sering malafalkannya.

7. Bergabunglah dengan orang-orang yang sudah pandai bahasa Jepang

Pemikiran seseorang terpengaruhi oleh orang yang ada di sekitarnya, tips selanjutnya dalam mempelajari bahasa Jepang adalah kita harus mencoba masuk ke dalam komunitas yang melakukan hal-hal yang berbau kejepangan.

Dengan bergabungnya dalam komunitas mereka otomatis kita mau tidak mau harus paham dengan bahasa dan budaya Jepang agar kita bisa berinteraksi dengan satu sama lain, sehingga pengetahuan kita akan bertambah. Selain ilmu yang bertambah, teman kita juga akan semakin banyak.

8. Belajarlah dari internet

Belajar bahasa Jepang tidak melulu harus dari buku, tetapi kita bisa memanfaatkan internet. Tentu di era yang modern ini semua bisa menggunakan internet bukan? Nah kehadiran dari internet ini akan banyak ilmu bahasa Jepang yang bisa diserap, entah itu dari artikel atau bacaan, tutorial youtube, media gambar atau yang lainnya.

Banyak situs internet yang menyediakan kursus bahasa asing, khususnya bahasa Jepang secara online. Situs-situs tersebut sudah dilengkapi dengan fitur materi pembejaran disertai gambar-gambar yang menarik, kuis harian yang selalu up to date bahkan biasanya kita bisa berinteraksi langsung dengan orang Jepang asli. Kayaknya seru ya hehe. Tentunya hal tersebut sangat membantu kita dalam mempelajari bahasa Jepang ini.

9. Mengikuti kursus bahasa Jepang

Cara cepat belajar bahasa jepang yang terakhir adalah ikut kursus. Ya, Kursus adalah hal yang sangat efektif jika kita ingin mempelajari suatu ilmu tertentu, khususnya bahasa Jepang. Di tempat kursus ini pasti kita diajar oleh tentor yang memang sudah ahli dalam kejepangan.

Keberadaan tentor disini sangat membantu karena orang tersebut akan mengawal kita belajar bahasa Jepang dari nol. Kita akan dibimbing secara baik dan benar sehingga tujuan kita dalam belajar bahasa Jepang akan terwujud.

Baca juga: Materi Bahasa Perancis Dasar dan Trik Menguasainya

9 Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang yang Perlu Dicoba

Ya, itulah ke sembilan Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang bagi pemula. Semoga bermanfaat bagi kalian. Jika kalian ada kemauan pasti ada jalan, tetap semangat dan jangan lupa berdoa.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: