Asuransi Yang Penting Dimiliki Keluarga Tercinta

Penjelasan dari asuransi dana pensiun adalah merupakan program pensiun bagi anda sebagai karyawan dengan iuran pasti yang memberikan manfaat pensiun anda dengan tujuan menjaga kesinambungan penghasilan peserta pada masa pensiun serta ahli warisnya apabila anda meninggal dunia sebelum usia pensiun.

Mengingat manfaat yang diberikan asuransi pensiun dan asuransi jiwa hampir sama, tentu sebagai nasabah kita harus bijak memilih mana yang terbaik dan cocok dengan profil keuangan kita. Ada beberapa pertimbangan yang bisa membantu Anda menentukan pilihan antara asuransi pensiun atau asuransi jiwa.

Asuransi
 Ilustrasi dari Pixabay

Dari Segi Manfaat

Memilih asuransi pensiun dan asuransi jiwa ini harus mempertimbangkan manfaat yang ingin diperoleh. Karena dana pensiun dikhususkan bagi nasabah yang ingin tetap berpenghasilan di masa pensiun, maka fokus utamanya asuransi pensiun adalah memberikan uang pertanggungan yang dapat dicairkan setiap bulan ketika pemegang polis memasuki usia pensiun. Sementara asuransi jiwa, uang pertanggungan yang diberikan biasanya sekaligus atau sekali transfer.

Sehingga tertanggung harus pandai menyimpan dan memanfaatkan dana tersebut untuk menutupi kebutuhan hariannya sampai tertanggung meninggal dunia. Selain itu uang pertanggungan asuransi jiwa biasanya dapat dimanfaatkan untuk membiaya pendidikan ahli waris atau anak. Sementara asuransi pensiun sifatnya lebih melindungi tertanggung bukan ahli waris.

Premi

Premi asuransi jiwa biasanya lebih mahal dibanding asuransi pensiun, sebab asuransi jiwa memberikan jaminan perlindungan lebih luas yang mencakup jaminan kesehatan. Sementara asuransi pensiun ini biasanya preminya lebih kecil karena tenornya juga bisa lebih panjang yakni selama pemegang polis bekerja atau menghasilkan. Namun selisih premi yang diberikan biasanya tidak besar, sehingga kerap membuat calon nasabah ragu untuk memilih. Sebaiknya jika Anda menginginkan kenyamanan di masa tua pilih asuransi pensiun saja, yang biaya preminya juga biasanya dibebankan kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Kesimpulannya

Kesimpulannya tidak ada yang paling benar antara asuransi pensiun dan asuransi jiwa, karena keduanya merupakan produk asuransi yang dibutuhkan oleh kita. Asuransi jiwa menjamin keamanan finansial ketika kita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya pendapatan, sementara asuransi pensiun melindungi kondisi finansial ketika kita memasuki masa pensiun yang penuh ketidakpastian.

Jika Anda memiliki dana lebih tidak ada salahnya membeli kedua asuransi tersebut , sebab uang pertanggungan yang akan diperoleh juga bisa lebih besar. Karena keduanya juga sama-sama memberikan manfaat finansial, juga perlindungan kesehatan ketika Anda dalam posisi tidak bisa lagi bekerja.

Selain dari kedua asuransi tersebut persiapkan juga asuransi pendidikan. Sangat penting memiliki asuransi pendidikan mengingat biaya pendidikan di Indonesia yang terus meningkat. Pastikan buah hati anda memiliki asuransi pendidikan serta asuransi jiwa murni murah demi kenyamanan pendidikan anak-anak anda.

error: Perhatian: Hubungi Saya Untuk Mengambil Konten :)