Biaya yang Perlu Diperhitungkan Sebelum Membeli Mobil

Biaya yang Perlu Diperhitungkan Sebelum Membeli Mobil
Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/black-vehicle-steering-wheel-627717/

Memiliki kendaraan roda empat yang diinginkan merupakan impian semua orang. Namun, dalam penggunaannya Anda harus mempertimbangkan sejumlah biaya punya mobil yang tentunya tidak murah. Selain uang untuk membeli mobil yang diinginkan, akan ada beberapa jenis pengeluaran tidak terduga yang harus Anda siapkan sejak dini.

Dengan adanya sejumlah pengeluaran ini membuat Anda harus selalu siap sedia uang darurat untuk keperluan mobil yang dimiliki. Hal ini juga akan menyulitkan jika Anda tidak memiliki asuransi mobil yang biasa diberikan kepada nasabah yang membeli mobil secara kredit. Asuransi ini bertujuan untuk melindungi setiap kerusakan yang terjadi dalam pemakaian mobil.

Anda wajib memiliki dana simpanan khusus untuk kendaraan yang dimiliki. Jika tidak maka akan mengganggu keuangan keluarga dan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Melihat betapa pentingnya finansial untuk kebutuhan mobil yang dimiliki, hal ini membuat Anda harus mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil seperti yang akan Badrul Mozila bahas di bawah ini. Penasaran apa saja informasinya? Let’s check this out!

Sejumlah Biaya Yang Harus Diperhitungkan Sebelum Membeli Mobil

Biaya yang Perlu Diperhitungkan Sebelum Membeli Mobil
Sumber: https://www.pexels.com/photo/black-brown-and-gray-bmw-car-interior-view-1030766/

Memiliki mobil sering dikaitkan dengan status sosial seseorang, kenapa demikian? Karena saat membeli mobil ada sejumlah biaya yang harus disiapkan dan tentunya jumlahnya tidak sedikit. Inilah kenapa banyak masyarakat yang beranggapan bahwa orang yang memiliki mobil adalah orang kaya. Setidaknya ada 7 jenis pengeluaran yang harus Anda pertimbangkan seperti di bawah ini.

1.    Biaya Pembuatan Garasi

Sebelum membeli sebuah kendaraan roda empat, alangkah baiknya Anda sudah memiliki garasi sebagai tempat untuk menyimpan mobil. Pastikan untuk tidak menyimpan mobil di pinggir jalan karena bisa menghalangi jalan orang lain. Jika Anda tidak memiliki garasi maka sebaiknya membangun terlebih dulu. Dalam proses pembuatan ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2.    Bahan Bakar

Selain garasi, Anda juga harus siap sedia uang untuk membeli bahan bakar. Apalagi jika Anda sering menggunakan mobil tersebut, maka penggunaan bahan bakar akan semakin tinggi dan Anda harus memiliki uang yang cukup untuk membelinya. Jika tidak menyiapkan uang untuk bahan bakar, hal ini dikhawatirkan mobil mogok saat dalam perjalanan.

3.    Ongkos Parkir

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika membawa mobil kemana-mana Anda harus menyiapkan sejumlah uang untuk ongkos parkir. Dana yang satu ini memang tidak terlalu mahal, tetapi jika Anda sering mampir di tempat yang mengharuskan mobil diparkirkan, maka pengeluaran untuk ongkos parkir akan semakin membengkak.

4.    Biaya Servis

Pertimbangan saat membeli mobil yang selanjutnya adalah dalam hal biaya servis. Anda wajib melakukan perbaikan pada mobil yang dimiliki secara rutin agar tidak ada kerusakan yang fatal pada mesinnya. Mulai dari cek AC, ganti oli, rotasi ban, hingga balancing semuanya harus diperiksa dengan baik agar performa mobil tetap stabil dan tentunya proses ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semakin banyak servis yang dilakukan akan semakin tinggi pula biayanya.

5.    Asuransi

Untuk menghindari segala jenis kerusakan, alangkah baiknya jika mobil tersebut diasuransikan. Namun, Anda harus menyiapkan dana lebih untuk membayar premi setiap bulan atau per tahun sesuai dengan jenis asuransi yang diambil. Asuransi ini berguna untuk membantu jika sewaktu-waktu mobil tersebut mengalami masalah yang tidak diinginkan.

6.    Pajak Tahunan

Sebagai warga negara yang baik maka Anda wajib membayar pajak mobil yang dibayarkan secara rutin. Pajak tahunan ini harus dibayarkan agar mobil yang Anda miliki terdaftar sebagai kendaraan yang sah. Hal ini juga akan berguna saat terjadi kehilangan. Anda wajib membayar sejumlah pajak yang ditentukan sesuai jenis serta harga mobil.

7.    Pembuatan SIM A

Jika Anda belum memiliki SIM A, maka segeralah membuat surat izin ini agar bisa menggunakan mobil sepuasnya tanpa takut kena pelanggaran. Surat Izin Mengemudi A ini khusus untuk pengguna mobil dan menjadi persyaratan wajib yang harus diperhatikan saat membeli mobil. Siapkan dana untuk membuat SIM A dan jangan lupa juga untuk menabung uang guna keperluan memperpanjang SIM A tersebut.

Perlu Anda ketahui juga dalam proses pembelian mobil terdapat dua cara transaksi yang biasa dilakukan, yaitu secara tunai dan kredit mobil. Kedua metode pembayaran ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda memiliki uang lebih, maka sebaiknya membeli mobil secara kontan.

Namun, jika Anda tidak memiliki uang cukup tetapi ingin segera memiliki kendaraan maka gunakanlah jasa leasing mobil untuk mendapatkan mobil yang diinginkan. Kini sudah banyak leasing mobil terpercaya yang akan membantu Anda memiliki kendaraan dengan mudah, salah satunya adalah Maybank Finance.

Maybank Finance adalah salah satu lembaga pembiayaan yang sudah memiliki izin langsung dari Otoritas Jasa Keuangan. Maybank Finance bergerak pada bidang pembiayaan mobil baru atau bekas untuk nasabahnya. Sehingga lembaga ini akan membantu Anda mendapatkan pilihan mobil yang diinginkan dengan syarat dan proses yang super mudah.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan promo menarik seperti adanya cashback Rp30 ribu spesial untuk transaksi pertama dan cashback Rp1 juta jika mengajukan kredit mobil di aplikasi KPM. Selain promo cashback, Maybank Finance juga menawarkan bunga yang rendah mulai dari 5,88%. Menarik bukan?

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur menarik lainnya adi Maybank Finance seperti adanya fitur simulasi kredit, pemanggilan debitur, aktivasi Vospay, Aksesku, aplikasi kredit, hingga fitur lelang mobil.

Saking banyaknya fitur yang diberikan, hal ini membuat semua nasabah Maybank Finance selalu puas dengan pelayanan yang terbaik. Nah sekarang saatnya Anda untuk mendapatkan mobil impian tanpa harus memikirkan biaya punya mobil dengan mengajukan kredit di Maybank Finance

Sumber:

  • https://today.line.me/id/v2/article/RG5lVz
  • https://lokadata.id/artikel/biaya-yang-perlu-diperhitungkan-sebelum-membeli-mobil
  • https://www.ridergalau.com/beberapa-hal-penting-yang-perlu-dipikirkan-sebelum-membeli-mobil/
  • https://www.medcom.id/otomotif/mobil/8kol5mMK-4-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membeli-mobil-pertama
  • https://koinworks.com/blog/sebelum-membeli-mobil/