5 Cara Mencegah Kerusakan Karya Seni Anda

5 Cara Mencegah Kerusakan Karya Seni Anda
5 Cara Mencegah Kerusakan Karya Seni Anda

Cara Mencegah Kerusakan Karya Seni – Karya seni di dalam rumah memiliki manfaat yang sangat menguntungkan. Keberadaannya dapat membuat ruangan menjadi lebih indah dan menarik, menginspirasi dan memotivasi pemilik rumah serta menjadi simbol atau ekspresi untuk menggambarkan kepribadian seseorang.

Adanya karya seni di dalam rumah juga membuat kesan luas di dalam interior ruangan. Tak heran bila keberadaan karya seni seperti lukisan dan patung begitu berarti bagi sebagian orang, khususnya bagi orang yang memiliki jiwa artistik.

Cara Mencegah Kerusakan Karya Seni

Keberadaan karya seni di dalam rumah ternyata juga harus dirawat. Bila dibiarkan begitu saja, maka warna dan keindahan karya seni menjadi memudar. Supaya dapat membuatnya tetap indah dan menarik, artikel ini akan membahas 5 cara mencegah kerusakan karya seni Anda. Beberapa di antaranya adalah.

1. Pastikan Jauh dari Paparan Sinar Matahari

Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Warna karya seni yang Anda miliki akan semakin memudar bila Anda menaruhnya di sinar matahari secara langsung. Para seniman merekomendasikan untuk menaruh karya seni di dalam ruangan bersuhu 24 hingga 41 derajat Celcius.

Selain paparan sinar matahari, pancaran lampu juga bisa berbahaya bagi karya seni. Supaya tetap awet, jarak antara paparan lampu dengan lukisan atau patung yang Anda miliki. Selain itu juga karya seni jauh dari jangkauan pendingin udara, ventilasi dan radiator.

2. Gantung dan Taruh Karya Seni dengan Benar

Gantung dan Taruh Karya Seni dengan Benar

Salah satu cara mencegah kerusakan karya seni terbaik yang Anda miliki adalah dengan menggantungnya dengan benar. Karya seni dianggap sebagai benda yang rapuh sehingga perlu tempat khusus yang menjamin keutuhannya.

Bila karya seni Anda berbentuk lukisan, buatlah dua kait di belakang frame lukisan dan hubungkan dengan sebuah kawat. Ini akan membuat lukisan tetap lurus tanpa perlu menggunakan paku atau sekrup. Sedangkan bila karya seni yang dimiliki adalah patung, maka letakan barang tersebut di sudut ruangan yang jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Taruh Karya Seni di Kelembaban yang Pas

Taruh Karya Seni di Kelembaban yang Pas

Selain sinar matahari dan cahaya lampu, menaruh karya seni juga harus dilihat dari faktor kelembaban ruangan. Ruangan yang lembab bisa berpengaruh pada rusaknya warna dan tekstur lukisan atau patung yang Anda miliki.

Dalam skala higrometer, kelembaban ruangan yang standar biasanya sebesar 55%. Beberapa tempat yang memiliki kelembaban tinggi biasanya berada di loteng atau di ruangan bawah tanah. Hindari tempat-tempat tersebut supaya karya seni Anda tetap awet dan tahan lama.

4. Bersihkan Secara Berkala

Bersihkan Karya Seni Anda Secara Berkala Untuk Menghindari Kerusakan

Cara klasik agar mempertahankan warna dan tekstur karya seni adalah dengan membersihkannya secara berkala.

Penyebab utama dari pudarnya warna lukisan atau patung berasal dari debu. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan gunakan kain kering dan sikat yang lembut. Gosok dengan perlahan dan pastikan bulu sikat tidak sampai terlepas di sela-sela frame atau lekuk-lekuk patung.

Khusus untuk lukisan, tips tambahan yang dapat dilakukan adalah dengan lepaskan karya seni terlebih dahulu dari dinding. Setelah itu turunkan dengan hati-hati dan mulailah untuk membersihkan.

5. Bingkai Karya Seni dengan Bahan yang Bagus

Pilih Bingkai Karya Seni dengan Bahan yang Bagus

Karya seni berupa lukisan memang wajib untuk dibingkai. Salah satu jenis bingkai atau frame yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan bingkai akrilik anti UV. Kabar baiknya, kamu bisa mengaplikasikan bahan akrilik ini pada patung dalam bentuk box.

Kelebihan dari bingkai ini adalah mampu menjaga keaslian warna pada lukisan dan melindungi karya seni Anda dari noda kekuningan akibat efek sinar matahari.

Bahan yang tidak direkomendasikan adalah kaca. Hal ini karena kaca dapat membuat karya seni berjamur dan lembab akibat kurangnya sirkulasi udara.

Penutup Cara Mencegah Kerusakan Karya Seni

Setelah mengetahui cara mencegah kerusakan pada karya seni, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara memilih karya seni di tempat kediaman. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan sering kunjungi ke acara seni supaya mendapat insight atau referensi terbaru seputar seni terbaru.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset karya seni yang mungkin cocok untuk ruangan Anda, serta usahakan membeli lukisan atau patung yang besar agar dapat memberikan ketenangan di interior rumah.

Itulah kelima cara mencegah kerusakan pada karya seni Anda, semoga karya seni baik berupa patung atau lukisan di rumah dapat awet dan tahan lama karena Anda telah menjaga karya seni yang dimiliki dengan baik.