Cara Mengecek Kondisi Trafo

Cara Mengecek Kondisi Trafo – Halo bro-sis, kali ini Badrul Mozila ingin berbagi informasi yang penting. Artikel pada kali ini akan saya isi dengan informasi seputar Trafo. Nah bagi yang bagi belum tahu apa itu Trafo mungkin akan saya beri sedikit penjelasannya.

Transformer atau yang biasa kita kenal dengan Trafo merupakan sebuah alat yang memindahkan tenaga listrik antar dua rangkaian listrik atau lebih melalui induksi elektromagnetik. Tentunya kita tidak tahu cara mengecek kondisi trafo, sehingga kita terbiasa untuk menyewa jasa teknisi atau memanggil petugas yang lebih ahli. Namun dari artikel ini tentunya kita juga harus belajar untuk mengetahui bagaimana kondisi trafo yang ada dilingkungan kita.

Cara Mengecek Kondisi Trafo

Cara Mengecek Kondisi Trafo

Nah berikut ini Badrul Mozila punya cara mengecek kondisi trafo. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pengecekan pada trafo apakah trafo tersebut masih berfungi baik atau tidak adalah sebagai berikut.

Pertama yang perlu kita perhatikan sebelum mengukurnya adalah jenis trafo itu sendiri, jika step up atau step down, maka terdiri atas dua lilitan yaitu skunder dan primer. Jika diukur keduanya tidak akan terhubung satu sama lain. Kemudian pada lilitan skunder terdapat beberapa kaki yang saling terhubung. Begitu juga primer, berikut adalah langkah-langkah untuk mengukurnya:

Cara Mengukur Trafo Step Down

  1. Arahkan selector multimeter pada ohm meter, sebaiknya x 10.
  2. Kemudian tempelkan probe merah ke kaki 0 pada lilitan primer dan probe hitam ke kaki lainnya, mulai dari yang terkecil, misalnya 110V.
  3. Perhatikan jarum, maka jarum harus bergerak menunjuk nilai ohm rendah atau mendekati 0, Namun tidak sampai ke 0.
  4. Selanjutnya pindahkan probe hitam ke kaki lainnya, misalkan 220V. Maka jarum harus bergerak menunjuk nilai ohm yang rendah, tapi sedikit lebih tinggi dari sebelumnya.
  5. Kemudian kita pindahkan probe merah dan hitam ke kaki skunder.
  6. Tempelkan probe merah kekaki 0 dan hitam ke kaki lainnya, misalkan 6V
  7. Maka jarum harus bergerak ke 0. Selanjutnya pindahkan probe hitam kekaki berikutnya, dan hasilnya juga harus sama seperti sebelumnya.
  8. Setelah semua tahapan diatas selesai, selanjutnya adalah tempelkan probe merah kekaki primer dan probe hitam ke body (badan) trafo, maka jarum tidak boleh bergerak sama sekali.
  9. Kemudian pindahkan probe merah ke salah satu kaki skunder, dan hasilnya juga harus sama seperti di kaki primer.

Jika langkah diatas sudah sesuai dengan hasil diatas, berarti trafo masih dalam keadaan baik, jika tidak sesuai berarti trafo sudah mengalami kerusakan.

Cara Mengukur Trafo Step Up

Nah lalu bagaimana cara mengukur trafo step up? Nah sedangkan untuk mengukur trafo step up caranya juga sama seperti halnya mengukur trafo step down. Yang menjadi pembeda hanyalah ketika posisi primer dan skundernya. Untuk itu tidak perlu dijelaskan lagi.

Apa itu Trafo Step Down dan Trafo Step Up?

Mungkin sebagian pembaca artikel Badrul Mozila kali ini masih belum tahu apa itu trafo step down dan apa itu trafo step up. Nah perbedaan dari kedua jenis trafo tersebut adalah sebagai berikut:

  • Trafo step down: berfungsi sebagai penurun tegangan
  • Trafo step up: berfungsi sebagai penaik tegangan

Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Trafo Agar Tetap Baik dan Awet?

Salah satu cara untuk menjaga kondisi peralatan listrik tetap baik dan awet serta menjaga kontinyuitas penyaluran energi listrik pada konsumen / peralatan listrik adalah dengan merawat dan memeliharanya.

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Cara Mengecek Kondisi Trafo. Dan juga jangan lupa untuk terus melakukan perawatan dan pemeliharaan. Jika bro-sis ingin tidak bisa melakukan tersebut bro-sis bisa menggunakan jasa perawatan trafo di sewatama.

error: Perhatian: Hubungi Saya Untuk Mengambil Konten :)