Fakta dan Mitos Gunung Andong (1726 Mdpl)

Fakta dan Mitos Gunung Andong

Gunung Andong terletak di Magelang – Jawa Tengah, lebih tepatnya terletak di Girirejo Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 Meter dibawah permukaan laut (Mdpl). Gunung Andong sudahlah dikenal para pendaki dari penjuru tanah air, bahkan Gunung Andong setiap weekendnya di kunjungi ribuan pendaki.

Tahukah Kamu? kenapa Gunung Andong banyak di buru para pendaki? berikut Fakta dan Mitos menarik tentang Gunung Andong yang wajib kamu ketahui.

Berikut ini ada beberapa Fakta dan Mitos Gunung Andong yang Badrul Mozila temukan hingga saat ini 2019. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Lokasi Gunung Andong

Seperti yang saya sedikit jelaskan diatas, Gunung Andong secara administratif masuk di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Salatiga Provinsi Jawa Tengah. Namun lebih dekat diakses melalui Salatiga via Kopeng, saya sendiri pun kalau ke Gunung Andong lebih suka via Basecamp Sawit, Salatiga.

2. Ketinggian Gunung Andong

Gunung Andong memiliki ketinggian maksimal 1.726 Mdpl dan dengan kemiringan 45°. Sehingga Gunung Andong merupakan rekomendasi untuk pendaki pemula sebelum mendaki Gunung-Gunung di Indonesia lainnya. Jadi yang mau jalan-jalan anti mainstream ngajak pacar, teman, atau keluarga kesini aja biar bisa lihat sunrise dengan mudah. Jadi Gunung Andong cocok untuk Pendaki Pemula, ahaii mantap!

Oh iya, tentunya perjalanan bisa Kamu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam.

3. Gunung Andong diburu banyak Pendaki

Tidak heran Gunung Andong diburu banyak pendaki karena faktor Point 2 diatas yang sangat mempengaruhi. Bahkan yang sudah pernah mendaki beberapa kali mereka banyak yang ingin mendaki kembali. Apalagi ditambah sekarang jamannya Sosial Media yang bisa bikin lokasi tertentu seketika Booming!. Jadi tak heran Gunung Andong setiap weekend di kunjungi ribuan pendaki. Ramee lek!

Baca juga : Gunung Prau (2565 Mdpl) Spot Sunrise Terbaik di Asia Tenggara

4. Memiliki 4 Puncak

Puncak Gunung Andong berbentuk memanjang dari barat ke timur. Di sepanjang bentangan puncak tersebut terdapat beberapa titik yang dianggap sebagai puncak. Terhitung ada 4 puncak yang akan kita temukan di Gunung Andong. Dari yang paling barat ada Puncak Makam kemudian Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-alap (paling timur). Puncak Andong merupakan titik tertinggi di Gunung Andong. Dari masing-masing puncak tersebut kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah

5. Asal Mula Nama Gunung Andong

Nama Gunung Andong berasal dari nama sebuah daun yang sering disebut “Andong“. Daun Andong dalam kepercayaan Jawa merupakan salah satu daun yang dipersyaratkan dalam ritual Jawa, khususnya dalam acara “Selametan” atau Selamatan yang berarti Kesalamatan dan Perlindungan. Daun Andong memiliki makna “Andongoo” yaitu Berdoa, Berdoa kepada Tuhan.

Asal Usul Nama Gunung Andong
Daun Andong

Namun menurut beberapa pendaki Gunung Andong, mereka sering menyebut Gunung Andong sepeti punggung. Hal tersebut dikarenakan Gunung Andong kalau dilihat dari samping memiliki puncak yang menyerupai Punggung Sapi, yang sering disebut “Andong” sehingga pendaki sering menyebutnya Gunung Andong.

Fakta dan Mitos Gunung Andong
Fakta dan Mitos Gunung Andong, Sumber : Google Images

6. Rute Pendakian Gunung Andong

Nah berikut ada beberapa jalur pendakian ke Gunung Andong diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Rute pendakian jalur selatan (Magelang, Yogjakarta, Purworejo dan sekitarnya)

Dari Arah Selatan Start point kita mulai dari Terminal Tidar Magelang, Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah canguk, menuju ke arah Kopeng/ketep. Jika bingung tanya saja arah ke pasar Ngablak) → lewat Pasar Ngablak lurus terus. → Belok Kiri di gapura yang pertama kearah Grabag (Mangli) jika melewati lapangan sepak bola ngablak berarti anda di jalur yang benar. → Maju sekitar 2 KM akan ada pertigaan makam dusun kenteng (perhatikan Plang Arah Penunjuk jalan). → Belok kiri dan ikuti jalan itu sampai bertemu plang selanjutnya → SD Girirejo 2 (belok kanan) → Sampai lah di Dusun SAWIT. Start pendakian Gunung Andong. (di jalan dusun Sawit sudah ada petunjuk menuju basecamp) barat.

B. Rute pendakian dari jalur barat (Grabag, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo dan sekitarnya)

Start dari Terminal Secang / Simpang 3 Secang, Simpang Tiga → Pertigaan Krincing (pertigaan pertama dari lampu merah ke arah Semarang). → Belok kanan di pertigaan Krincing menuju arah Grabag → Pasar Grabag (Perempatan Pasar Grabag) → Lurus terus ke arah Mangli. → Mangli (BUMI PERKEMAHAN MANGLI) → Naik terus melewati 2 dusun (Dusun Mantran Wetan dan Mantran Kulon). → Sampai di SD Girirejo 2 (belok kiri) → Sampai lah di Dusun Sawit. Start pendakian Gunung Andong.

C. Rute pendakian dari jalur utara (Semarang, Ungaran, Salatiga, Solo, Boyolali dan sekitarnya)

Start dari jalan raya Semarang-Solo tepatnya di terminal Pasar Sapi Salatiga, Pasar Sapi → belok ke arah Magelang (jalan raya Salatiga – Kopeng) →Kopeng. → lanjut ke arah magelang → Pasar Ngablak (sama seperti di atas)

7. Terdapat Sumber Mata Air

Sumber Mata Air Gunung Andong

Di perjalanan pendakian kamu akan menemui Sumber Mata Air yang segar pokoe, ahahai.

8. Berseberangan dengan Gunung Merbabu (3.145 Mdpl)

View Gunung Merbabu dari Gunung Andong

9. Bisa Melihat Gunung – Gunung yang ada di Jawa Tengah

Saat cuaca cerah (ya berdoalah sebelum mendaki, semoga sampai puncak cuaca cerah, gitu) kamu akan dapat memandang 360° melihat Gunung-Gunung di sekitar Gunung Andong.

• Arah Timur kamu akan bisa melihat : Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu (jika cerah, jika cerah loh ya) .
  • Arah Selatan kamu akan bisa melihat : Gunung Tidar dan Pegunungan Menoreh.
  • Arah Barat Gunung Andong → Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau.
  • Arah Utara Gunung Andong → Gunung Telomoyo, Gunung Muria.

17025522306_76c8acd59d_b

aa

gunung-andong-magelang-jawa-tengah-pemandangan-dari-puncak-gunung-andong-ae

puncak-gunung-andong-magelang1-e1465482823800-1

Berarti Gunung dikelilingi Gunung dong? haha, iya dong Andong punya.

Baca jugaFakta dan Mitos Tentang Gunung Semeru Si Langit Pulau Jawa

10. Terdapat Hutan Pinus

Jadi ketika kamu akan tracking menuju puncak, kamu akan melewati Hutan Pinus dan di sambut dengan kesejukan (haha lebay) ya emang bener sih. Disitu pendaki biasanya sejenak beristirahat sambil foto – foto, palingan juga kamu gitu kan kalau disana hahaha.

best-moment-pinus-andong
Sumber
hutan-pinus-gunung-andong
selfie-di-pinus-andong

11. Ditemukan Mayat Wanita dengan Kepala terpisah

Pada tahun 2015 lalu, ditemukan mayat wanita di Gunung Andong, korban ditemukan sekitar 8,6 meter dari jalan setapak. Lokasi tersebut berada di ketinggian 1.000 Mdpl atau sekitar satu kilometer dari Puncak Gunung Andong. Kepala korban ditemukan sekitar 2,2 meter dari penemuan badan.

Yah berita ini memang simpang siur, namun apapun itu kita doakan yang terbaik semoga korban di terima disisi-NYA, amiinn.

12. Gunung Andong Kebakaran

Point-point terakhir memang bikin sedih bacanya bahkan saya sendiri yang membuat postingan ini. Setelah ditemukan mayat mengenaskan kini Gunung Andong pada tahun yang sama (Tahun 2015). Gunung Andong kembali lagi berduka. Pasalnya pada tahun 2015 bulan september lalu, Gunung Andong mengalami kebakaran. Sekitar 7,5 Hektare areal yang terbakar, areal tersebut berdekatan dengan lahan pertanian. Diduga api muncul karena ulah di sela-sela aktivitas bertani, merokok kemudian membuang sembarangan puntung rokok yang belum dipadamkan.

75-ha-hutan-di-kawasan-gunung-andong-terbakar
Pemadam yang berusaha memadamkan api
gunung-andong-kebakaran
Kondisi setelah kebakaran

Hmm, himbauan lah kepada para pendaki, ataupun warga perokok yang sedang di alam khususnya di hutan. Sebenarnya saya tidak melarang kalian merekok saat mendaki, tapi setidaknya kalau setelah merokok puntung rokoknya pastikan dulu kalau sudah benar-benar mati. Atau saran saya kalau mau buang puntung rokokmu dicelupin dulu ke air.

Fakta yang berikutnya adalah Bonus Keindahan Gunung Andong dari Puncak

Tiket Retribusi  Rp 5.000/orang
 Tarif Parkir  Rp 3.000/motor
 Penitipan Helm  Rp 1.000/helm

*Jaga Gunung Andong Gunung Mungil ini, Lestarikan alamnya, Jangan di Rusak, bawa Sampahmu Kembali

Sekian yang dapat saya informasikan mengenai Gunung Andong Mungil nan Indah ini.

Pertanyaan (QnA) Seputar Gunung Andong :

• Q: Muncak ke Gunung Andong enak lewat jalur mana?
  • A: Kalau saya pribadi, enakan Jalur Sawit.
  • Q: Periapan saja untuk mendaki Gunung Andong?
  • A: Persiapan fisik, mental, jajan yang cukup. Fisik gak terlalu berat kok karena jalurnya udah enak, nyaman, toh di puncak terdapat warung makan, tapi kalau malam udah tutup ya gaes.

Ada pertanyaan yang lainnya? silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang telah disediakan di bawah. Itu lah artikel Travel Blogger Indonesia pada kali ini, bantu kami untuk membagikan artikel seputar Gunung Andong ini.