Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana Dan Kanji

Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana Dan Kanji – Ketika mempelajari suatu bahasa kita harus dituntut untuk memahami tata cara penulisan huruf abjad yang berlaku di suatu negara agar bisa membantu kita dalam memahami suatu tulisan.

Pada dasarnya bahasa yang sering kita pelajari secara keseluruhan menggunakan huruf abjad A B C D, namun ada juga yang menggunakan abjad-abjad yang tidak sederhana. Misalnya negara Jepang, nah pada kesempatan kali ini Badrul Mozila akan membahas tentang apa saja huruf abjad dalam bahasa Jepang. Serta bagaimana cara penulisan yang baik dan benar?

Ya kali ini kita akan masuk ke sesi Mengenal Huruf Jepang: Hiragana, Katakana, dan Kanji. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai huruf abjad yang digunakan di negara sakura tersebut.

Mengenal Huruf Jepang: Hiragana, Katakana, dan Kanji

Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana, Kanji
Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana, Kanji

Bahasa Jepang memiliki 3 karakter huruf abjad yang berbeda yaitu Huruf Hiragana, Huruf Katakana, dan Huruf Kanji. Apa perbedaan dari Hiragana, Katakana, dan Kanji? Huruf Hiragana merupakan huruf yang sering digunakan untuk menulis tulisan asli Jepang. Kemudian huruf katakana digunakan untuk menulis kosakata yang berasal dari negara lain atau istilahnya bisa disebut dengan kata serapan. Sedangkan huruf kanji adalah huruf kompleks yang berasal dari Cina yang mempunyai arti tertentu.

Hmmm masih bingung? Yuk simak selengkapnya artikel Mengenal Huruf Jepang: Hiragana, Katakana, dan Kanji kali ini. Bagi yang belum membaca artikel seputar Bahasa Jepang pertama kami, silahkan baca terlebih dahulu ya. Judulnya Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula, biar makin paham untuk belajar bahasa Jepang.

Kenali Aturan Penulisan Huruf Jepang Yang Baik dan Benar Dulu

Sebelum membahas ke tiga huruf tersebut, saya akan menjelaskan bahwa tulisan Jepang itu mempunyai aturan penulisan. Tentu kita tidak boleh menulis dengan seenaknya sendiri, oleh karena itu kali ini saya akan menyajikan tabel-tabel huruf Jepang disertai dengan urutan penulisannya.

Aturan penulisan huruf Jepang yang baik dan benar ini harus benar-benar diperhatikan dan dipraktekkan. Karena nantinya dapat menimbulkan kesan rapi dan akan memudahkan kita dalam belajar kanji. Nah jika kalian ingin bener-benar serius mendalami ilmu bahasa Jepang sebaiknya kalian mengikuti aturan ini ya. Yuk kita bahas aturannya.

Aturan Penulisan Huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji Yang Benar

Aturan dalam menulis huruf hiragana, katakana, dan kanji :

  1. Penulisan huruf ditulis dari atas ke bawah.
  2. Penulisan huruf ditulis dari arah kiri ke arah kanan.
  3. Penulisan huruf ditulis mengikuti arah jarum jam.
  4. Penulisan huruf ditulis dari horizontal ke vertikal.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika artikel Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana Dan Kanji kali ini akan disertai dengan contoh masing-masing huruf Jepang. Lebih lanjut, sebaiknya kita pahami pembahasan saya kali ini.

1. Huruf Hiragana Jepang

Tahukah Kamu? Huruf yang sering dijumpai dalam di negara Jepang adalah Huruf Hiragana. Mengapa bisa demikian? Karena penulisan huruf hiragana sangat mudah dibandingkan dengan huruf katakana dan huruf kanji.

Dahulu kala, di negara Jepang khususnya laki-laki banyak yang menggunakan huruf kanji sebagai media komunikasi. Namun karena terlalu kompleks, sehingga mereka beralih menggunakan huruf Hiragana dimana pada abad ke delapan, perempuan di Jepang sudah menciptakan Huruf Hiragana itu sendiri sebagai bahasa alternatif.

Huruf Hiragana merupakan suatu suku kata yang terdiri dari huruf vokal dan huruf konsonan yang melambangkan sebuah bunyi. Huruf hiragana terdiri dari 46 huruf yang harus dipahami secara seksama.

Adapun contoh dari Aturan Menulis Huruf Hiragana bisa dilihat melalui tabel huruf hiragana dalam bahasa Jepang.

Aturan Menulis Huruf Hiragana Yang Benar

Contoh penulisan Huruf Hiragana Yang Benar:

Air Mizu みず
Bunga Hana はな
Dapur Daidokoro だいどころ
Saya Watashi わたし

2. Huruf Katakana Jepang

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, tidak mungkin sebuah negara tidak menjalin kerjasama dengan negara lain. Pasti suatu negara membutuhkan negara lain untuk mencukupi kebutuhan negara dan rakyatnya. Oleh karena itu dampak dari kerja sama antar negara antara lain adalah terpengaruhnya sebuah bahasa.

Begitu juga dengan di Jepang, banyak sekali bahasa baru yang masuk ke negara sakura ini. Nah salah satu fungsi dari huruf katakana ini adalah untuk menulis bahasa-bahasa baru yang berasal dari negara lain. Selain untuk menulis kata serapan, huruf katakana bisa juga digunakan untuk menulis onomatope ( tiruan bunyi ) yang berasal dari negara Jepang asli.

Aturan Menulis Huruf Katakana Yang Benar

Penasaran dengan huruf katakana? Baiklah mari kita lihat tabel di bawah ini.

AC Eakon エアコン
Susu Miruku ミルク
Tampan Hansamu ハンサム

3. Huruf Kanji Jepang

Nah huruf yang terakhir yang akan kita bahas adalah huruf kanji. Kanji disini bukan tepung kanji ya, Hehhe. Kanji adalah huruf yang berasal dari Tiongkok, Cina yang kemudian diadopsi oleh negara Jepang. Berdasarkan sejarahnya huruf kanji ini masuk ke Jepang pada abad ke 5-8 dengan jumlah sekitar 50.000 huruf.

Bayangkan kalian menghafal begitu banyaknya huruf, mampukah kalian? Pasti bakalan pusing tujuh keliling. Oleh karena itu negara Jepang kemudian mengembangkan huruf kanji ini menjadi huruf hiragana dan huruf katakana. Maka bisa disebutkan bahwa huruf kanji adalah ibu dari hiragana dan katakana.

Huruf kanji tidak ada hubungannya dengan hiragana dan katakana dimana kedua huruf tersebut adalah sebuah abjad yang membentuk suara,sedangkan huruf kanji adalah sebuah logogram yang mempunyai makna atau arti yang berbeda.

Contoh Tulisan Huruf Kanji

Berikut adalah contoh dari tulisan Huruf Kanji Bahasa Jepang yang benar.

  1. Cara baca dari kanji 日 adalah “hi” yang artinya matahari/hari.

Cara Baca Huruf Kanji Jepang

  1. Cara baca kanji 山 adalah “yama” yang artinya gunung.

Cara Baca Huruf Kanji Jepang Gunung

Mengenal Huruf Jepang Seperti Hiragana, Katakana, dan Kanji Tidak Mudah

Memang untuk mempelajari tiga huruf Jepang seperti Hiragana, Katakana, dan Kanji tidaklah mudah. Untuk itu jika Kamu ingin bisa menguasai ketiga huruf Jepang dalam bahasa Jepang tersebut, tentunya Kamu harus bersungguh-

Nah itulah 3 jenis huruf Jepang yang perlu kalian ketahui, apabila ingin mengetahui tentang bahasa Jepang lebih lanjut sebaiknya belajarlah mengenal dan memahami hurufnya dengan sungguh-sungguh. Pelajari baik-baik teman-teman.

error: Perhatian: Hubungi Saya Untuk Mengambil Konten :)