Inilah 7 Manfaat Jasa Pendaftaran Merek untuk Produsen

Manfaat Jasa Pendaftaran Merek untuk Produsen
Manfaat Jasa Pendaftaran Merek untuk Produsen

Manfaat Jasa Pendaftaran Merek Untuk Produsen – Sangat penting untuk kita mendaftarkan merek guna melindungi brand dari bisnis yang dijalankan. Hal ini untuk mencegah supaya pihak lain tidak sembarang memakai nama merek tersebut. Tentunya kamu tidak ingin merek yang kamu dirikan dengan susah payah, kemudian dengan mudahnya diambil oleh pihak lain.

Maka dari itu, solusi untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mendaftarkan merek dagang ke lembaga resmi. Selain menghindari kerugian, kamu juga kan mendapatkan banyak manfaat lainnya dalam mengembangkan usaha yang dijalankan. Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak uraian berikut ini! 7 manfaat jasa pendaftaran merek https://pendaftaranmerekdagang.com/ untuk produsen.

Manfaat Jasa Pendaftaran Merek untuk Produsen
Manfaat Jasa Pendaftaran Merek untuk Produsen

1. Identitas dari produk

Merek merupakan identitas atau pengenal sebuah produk, sehingga tidak ada pihak lain yang bisa meniru produk tersebut. Dengan demikian, para konsumen bisa dengan mudah mengenali produkmu.

Tidak hanya itu, merek juga dijadikan sebagai ciri khas usahamu, sehingga bisa berbeda dengan merek produk lain. Walaupun di pasaran banyak produk yang sejenis, tetapi hal itu bisa dibedakan dari merek yang digunakan.

2. Mendapatkan perlindungan hukum

Dengan adanya perlindungan hukum, tentunya kamu bisa menggugat perusahaan lain yang menamai produknya dengan nama yang sama dengan nama produkmu melalui pengadilan negara. Kamu juga bisa menggugat orang-orang yang mengadakan suatu kegiatan yang mengatasnamakan merek produkmu. Pada dasarnya, prinsip mendaftarkan merek yaitu first to file, artinya siapa yang pertama kali mendaftarkan mereknya maka ia merupakan pemegang merek dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Menggunakan Jasa Daftar Merek

3. Peluang bisnis

Mengadakan kerja sama dengan perusahaan lain merupakan strategi yang ampuh untuk mengembangkan suatu bisnis. Akan tetapi, jika merek tersebut tidak terdaftar maka pihak lain enggan untuk bekerja sama dengan produk yang kamu miliki. Oleh karenanya, jika suatu merek telah terdaftar secara resmi, itu akan memudahkanmu dalam mengadakan kerja sama untuk mendapatkan peluang waralaba, ekspor, franchise, dan jenis bisnis lainnya.

4. Pemegang hak eksklusif atas sebuah merek

Merek merupakan sebuah aset yang tidak terbentuk. Selain itu, juga sebagai hak eksklusif untuk pemiliknya dalam melakukan perdagangan yang sesuai dengan jenis jasa atau barang yang telah terdaftar. Dengan adanya hak tersebut, kamu juga bisa melarang perusahaan lain untuk memakai nama merek tersebut untuk jenis jasa ataupun barang yang serupa.

5. Menghindari penggunaan merek tanpa izin

Kamu juga bisa menuntut royalti kepada pihak lain yang memakai merek yang kamu miliki, baik mereka melakukannya secara sengaja ataupun tidak disengaja. Kamu juga berhak melayangkan gugatan untuk ganti rugi ke pengadilan niaga dan menghentikan semua kegiatan yang menggunakan merek tersebut. Bahkan, kamu juga bisa melaporkan atau menyelesaikan konflik dengan arbitrase atau dengan penyelesaian lainnya.

6. Sebagai alat untuk melakukan promosi

Karena kamu merupakan pemilik merek yang resmi, berarti kamu bisa memperluas bisnis dengan cara yang mudah dan efisien. Dengan begitu, kamu hanya perlu menjelaskan nama mereknya ketika sedang melakukan promo mengenai barang atau jasa yang sedang dijual.

7. Menambah nilai aset perusahaan

Merek bisa berfungsi dalam branding perusahaan. Dengan branding perusahaan, para investor akan diundang untuk menanamkan modalnya di perusahaan kita. Kemudian, merek dapat menjadi aset berharga jika telah terdaftar secara resmi. Namun, merek tersebut akan hilang nilai jualnya apabila ada pihak lain yang menggunakan merek yang kamu miliki.

Sangat banyak bukan manfaatnya? Kini saatnya mendaftarkan merek yang kamu punya untuk melindungi produk dan memperluas peluang usaha untuk bisnismu. Semoga bermanfaat.

Baca juga: