Konsultasi Dengan Dokter Pilihan Cerdas Di Saat Musim Pancaroba Datang

Direktori Dokter Sehatq
Direktori Dokter Sehatq

Musim pancaroba telah datang, persiapkan imun tubuh supaya tidak mudah sakit. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Pancaroba merupakan masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau.

Tidak menentunya kondisi alam disekitar kita membuat kekebalan tubuh mudah terserang penyakit jika tidak siap.

Perlu Anda Ketahui, Ada 4 Penyakit Yang Sering Menyerang Saat Musim Pancaroba

Perlu Anda ketahui, setidaknya ada empat penyakit umum yang sering menyerang saat musim pancaroba. Ke-empat penyakit tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Influenza

dr Aria menyebutkan beberapa penyakit yang kadang muncul di antaranya gangguan pernapasan yaitu Influenza (flu) yang disebabkan virus influenza, menyerang hidung dan tenggorokan, lebih sering menyerang anak-anak dan lansia.

2. Gangguan Pencernaan

Kemudian juga ada gangguan pencernaan, yang sering terjadi adalah diare. Diare atau buang air besar cair dengan frekuensi lebih dari lima kali atau lebih, bisa menyerang siapa saja, lebih sering disebabkan oleh perubahan kondisi air khususnya di Kota Pontianak dan Kalbar ini sering perubahan rasa dan kandungan dari air PDAM maupun sungai.

3. Sakit Mata

Selanjutnya sakit mata, yang sering disebabkan oleh bakteri dari lingkungan luar maupun lingkungan kelompok, menyebabkan mata menjadi merah, gatal, berair, banyak timbul kotoran mata, dan akan mengganggu penglihatan.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Saat musim pancaroba, terutama awal memasuki musim penghujan, kasus demam berdarah atau DBD di berbagai daerah mengalami peningkatan. Pada tahun 2014, kasus DBD dapat ditemukan hampir di seluruh propinsi di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan karena virus dengue dapat bertahan di iklim tropis dan semakin berkembang saat musim hujan.

DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh virus dengue. Gejala DBD antara lain demam tinggi secara tiba-tiba, sakit kepala parah, nyeri di bagian belakang mata, nyeri otot dan sendi, lemas, mual, muntah, mudah memar, munculnya bintik-bintik di kulit, hingga perdarahan ringan di sekitar gusi dan hidung. Yang perlu diwaspadai adalah komplikasi dari DBD, yaitu perdarahan berat, syok, hingga kematian.

Untuk mengurangi risiko terkena DBD, penting untuk mencegah perkembangan populasi nyamuk. Hal ini dapat dilakukan dengan menyingkirkan barang-barang yang bisa menjadi sarang nyamuk, seperti kaleng, pot, atau ban bekas yang menampung air hujan. Jangan lupa juga untuk membersihkan bak mandi atau tempat minum binatang peliharaan secara teratur, serta menutupnya secara rapat.

Tidak sampai disitu saja, di tahun 2020 ini ada wabah serius yang menjadi perhatian umat manusia dari berbagai penjuru dunia. COVID-19, ya kita tahu wabah ini sangat menakutkan dengan gejala penderita yang hampir sama dengan penyakit umum yang sering melanda di setiap musim pancaroba.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apa yang seharusnya dilakukan?

Lakukan Gaya Hidup Sehat, Konsultasi Dengan Dokter Jika Dirasa Perlu

Cara mengatasi dan menjaga kekebalan tubuh tentunya bisa kita lakukan secara mandiri dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Mengingat kita sedang menghadapi wabah pandemi kita juga wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta melakukan olah raga secara rutin. Tidak ketinggalan lagi adalah jangan cemas, takut, apalagi stress.

Jika Anda bimbang atau bingung mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini, konsultasikan kepada dokter yang sesuai dengan bidangnya.

SehatQ.com, Platform Kesehatan Yang Menyediakan Tempat Untuk Menemukan Dokter atau Tenaga Kesahatan Ahli Dari Berbagai Bidang

Direktori Dokter Sehatq

Tahukah Anda? SehatQ.com merupakan sebuah platform yang berfungsi sebagai asisten kesehatan. Platform ini akan membantu kita untuk mengelola kesehatan kita.

Berbagai informasi tentang kesehatan ada di sini, yang bisa kita gunakan pada saat melakukan pencegahan, pengobatan ketika kita sakit, hingga perawatan setelah kita sembuh. Pada platform ini, menyediakan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel.

Direktori Dokter, Cari Dokter Ahli Dibidangnya Sesuai Dengan Kebutuhan

Kita dapat memanfaatkan berbagai informasi kesehatan meliputi direktori artikel, ensiklopedia penyakit dan obat, layanan kesehatan lainnya, hingga direktori dokter.

SehatQ memiliki direktori dokter yang lengkap. Anda bisa mencari dokter berdasarkan lokasi ataupun jarak terdekat. Anda juga mencari informasi dokter berdasarkan kategorinya. Tidak cukup hanya itu, SehatQ juga memberikan informasi mengenai jadwal praktek dokter yang ada di dalam direktori, hingga membuat jadwal bertemu dengan dokter tersebut.

Cari Dokter yang ahli dibidangnya sesuai dengan kebutuhan Anda? Sehatq.com adalah solusi tepat. Nah itulah artikel badrulmozila.com kali ini mengenaiKonsultasi Dengan Dokter Pilihan Cerdas Di Saat Musim Pancaroba Datang. Tetap jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan, dan jangan takut untuk beraktivitas yang positif.