4 Kuliner Khas Kabupaten Semarang, Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menghadapi era adaptasi kebiasaan baru, tentunya Kita membutuhkan asupan makanan bergizi. Mengingat Kita tidak tahu pasti kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. Semua orang menginginkan hal yang sama, “COVID-19, bukanlah virus mematikan lagi” supaya Kita bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala tanpa adanya pembatasan sosial diantara Kita.

Satu-satunya jalan untuk menghadapi pandemi ini adalah Berjuang. Ya! berjuang untuk terus hidup bersih dan sehat, berjuang menjaga kekebalan tubuh Kita.

Dilansir dari kesehatan.kontan.co.id, Dr Saras Salil yang berbasis di New Delhi, India berpendapat bahwa Makanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Nah meskipun begitu, Kita juga tetap harus pandai-pandai dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Berbicara mengenai makanan bergizi dan sehat, Kabupaten Semarang adalah salah satu sumber wisata kuliner yang bisa Kamu kunjungi.

Pesona Kuliner Kabupaten Semarang Yang Sudah Dikenal Luas Masyarakat

Kuliner merupakan salah satu identitas dari suatu daerah, kuliner inilah yang memiliki peran dalam perkembangan suatu destinasi wisata di daerah tersebut.

Sama halnya dengan Kabupaten Semarang, sebuah daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki pesona tersendiri. Pesona Kabupaten Semarang dikenal oleh masyarakat luas karena banyaknya destinasi wisata yang beraneka ragam. Wisata perkebunan, budidaya, pegunungan, hiburan, hingga destinasi wisata olahraga extreme seperti paralayang ada disini.

Tak terkecuali dengan kulinernya yang memiliki cita rasa khas yang tidak mungkin bisa ditemukan di daerah lain.

Kuliner Khas Kabupaten Semarang Dengan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Belum lengkap rasanya bila mengunjungi Kabupaten Semarang tidak mencicipi kuliner khas Kabupaten Semarang. Nah berikut Saya punya rekomendasi kuliner khas Kabupaten Semarang yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Kita.

1. Sate Kelinci, Bandungan

Kuliner khas Kabupaten Semarang yang satu ini wajib untuk Kamu cobain bila berkunjung di Kabupaten Semarang. Tahukah kamu? Sate Kelinci khas Bandungan, Kabupaten Semarang memiliki rasa yang gurih dan empuk. Daging kelinci juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit asma, liver, asam urat, penyakit paru-paru, bahkan ambien, nah loh udah kayak obat tradisional aja nih kuliner yang satu ini.

Untuk kamu yang was-was dengan makanan yang tinggi akan kolesterol, jangan takut untuk menyantap kuliner khas Kabupaten Semarang yang satu ini, karena daging kelinci rendah kolesterol.

Sate Kelinci dapat kamu temukan di kawasan Pasar Bandungan, Kabupaten Semarang. Disini Kamu bisa menemukan pedagang warung dipinggir jalan yang menyediakan menu berkhasiat ini.

Sate kelinci ini dihidangkan seperti sate ayam, yaitu dengan bumbu kacang, kecap, dan irisan bawang dan cabai merah. Atau bisa juga dengan irisan kubis dan tomat.

  • Lokasi : Di kawasan Pasar Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Harga sate kelinci dibandrol sektar Rp 25.000 – Rp 30.000/porsi

2. Tahu Serasi

Kuliner Khas Kabupaten Semarang lainnya yang memiliki khasiat untuk kesehatan adalah Tahu Serasi. Wah berarti tahunya jodoh dong ya? ya gak gitu juga lah mas/mbak. Jadi, Tahu Serasi ini adalah kuliner yang sangat terkenal di Bandungan.

Tahu serasi ini adalah tahu putih yang sangat padat namun teksturnya lembut. Rasanya gurih, sangat mantap untuk disantap hangat-hangat bersama cabe rawit dan kecap. Produsen tahu serasi pertama di Bandungan adalah Oom Shin. Pabrik tahu serasi Oom Shin pertama kali berdiri tahun 1980. Tahu serasi Oom Shin ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet. Kamu bisa mengunjungi pabriknya untuk melihat proses pengolahan tahu. Kamu juga bisa mencicipi langsung tahu goreng dan susu kedelai di pabrik tahu ini.

Selain itu, Oom Shin juga memproduksi gembus serasi. Tahu Serasi dijual dengan harga yang bervariasi : Rp 10.000 untuk 1 porsi Tahu Serasi goreng, Rp 6.000 – Rp 8.000 untuk 1 bungkus Tahu Serasi Mentah, Rp 5.000 untuk 1 liter Susu Kedelai, wah murah meriah ya. Pabrik Tahu Serasi Oom Shin terletak di Jl. Raya Bandungan – Sumowono, Ambarawa (depan Hotel Nugraha Wisata), Bandungan. Buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00.

3. Tahu Campur

Tidak jauh dari destinasi wisata Museum Kereta Api Ambarawa, disepanjang jalan terdapat banyak pedagang yang berjualan makanan tradisional. Salah satunya adalah Tahu Campur, kuliner yang satu ini dibuat dari Lontong, Kecambah/touge, seledri, krupuk, dan di siram dengan sambal kacang goreng.

Sueger tenan loh, perpaduan antara lontong, tahu serta bumbu sambal kacang goreng membuat badan menjadi lebih berstamina kembali.

  • Lokasi : Di dekat Museum Kereta Api Ambarawa
  • Harga Tahu Campur : Rp 8.000/porsi

4. Mie Ijo

Mie Ijo Ambarawa Kabupaten Semarang

Mie ayam dikenal masyarakat Indonesia sebagai makanan yang mampu menghilangkan rasa lapar. Namun disisi lain, mie ayam dikenal sebagai kuliner yang tidak baik untuk kesehatan karena mie-nya. Namun bagaimana mie ayam menggunakan mie herbal yang dibuat dengan proses alami?

Waktu Saya coba, mie ayam ijo enak. Tidak sekedar ayam saja, melainkan juga ada topping lainnya yang ditambahkan kedalam mangkok ini. Yakni jamur telinga, wah makin seger dan nikmat loh.

  • Lokasi : Di dekat Museum Kereta Api Ambarawa
  • Harga Mie Ayam Ijo : Rp 10.000/porsi.

Bagiamana? Mana Kuliner khas Kabupaten Semarang yang sesuai Selera Kamu?

Kalau saya sih milih Sate Kelinci, penasaran deh sama daging kelinci, duh.. kemarin belum sempat nyobain daging kelinci, karena waktu keburu sudah sore, jadi cuman bisa singgah dan mengabadikan momen daging kelinci.

Kalau Kamu suka yang mana? Tapi ingat ya, untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan di era adaptasi baru.

Starter Pack New Normal Untuk Liburan

Kamu jangan khawatir untuk menikmati kuliner khas Kabupaten Semarang, karena setiap pedagang atau penjual sudah berinsiatif sendiri dalam menyediakan tempat cuci tangan. Ya meskipun mereka bukan dari kalangan pelaku usaha besar, namun mereka juga ikut berpartisipasi dalam mencegah COVID-19.

Sumber Referensi:

  • [1] https://kesehatan.kontan.co.id/news/virus-corona-makin-menyebar-ini-enam-makanan-penangkal-covid-19

Nah itulah beberapa kuliner khas Kabupaten Semarang yang populer di masyarakat Indonesia. Jika kamu belum membaca artikel saya sebelumnya, mengenai tempat wisata di Kabupaten Semarang yang wajib kamu kunjungi, kamu bisa baca di : Berwisata di Kabupaten Semarang Ditengah Pandemi, Amankah? 

Ayo ke Kabupaten Semarang..

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog “Wisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”

error: Perhatian: Hubungi Saya Untuk Mengambil Konten :)