Mengenal Ragam Jenis AC, Jangan Sampai Anda Salah Pilih

Ragam Pilihan AC Untuk Rumah
Ragam Pilihan AC Untuk Rumah. sumber: daikin.com

AC sekarang banyak dipilih untuk digunakan di rumah, dibandingkan dengan kipas angin, karena bisa menjaga suhu ruangan tetap dalam kondisi yang sejuk. Apalagi di tengah cuaca yang begitu panas seperti saat ini. Hanya saja bagi yang masih awam di dalam pemasangan AC, maka tak jarang diantaranya yang kebingungan di dalam menentukan jenis AC yang manakah yang tepat untuk digunakan di rumah mereka.

Ketahui Jenis-Jenis AC, Sebelum Anda Membeli

Ragam Pilihan AC Untuk Rumah. sumber: daikin.com

Maka penting sekali bagi Anda untuk mengenali jenis-jenis AC sebelum Anda membelinya agar tidak menyesal, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui, antara lain:

  1. AC window, ini adalah jenis AC yang pertama kali keluar, untuk pemasangan dan juga komponen-komponennya terbilang cukup banyak dan ribet, sehingga membuat produk AC tersebut kemudian banyak ditinggalkan.
  2. AC central, AC central untuk rumah sekarang ini banyak dipilih masyarakat. Bahkan sebenarnya ia lebih populer digunakan untuk perkantoran dan juga hotel. Ia cukup efektif dalam menjangkau banyak ruangan sekaligus. Namun untuk instalasinya sendiri cukup rumit dan butuh ketelitian ekstra.
  3. AC split wall, ia juga banyak digunakan mulai dari rumah, perkantoran dan tempat-tempat yang lainnya. perawatannya mudah dan juga lebih hemat energi, hanya saja memang untuk harganya tergolong cukup mahal.
  4. AC cassette, ia tersedia dalam berbagai ukuran mulai 1,5 hingga 6 PK dan umumnya dipakai pada ruangan perkantoran, karena memang ditujukan untuk ruangan yang besar. Instalasinya sendiri cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.
  5. AC VRV, sistem kerjanya sendiri adalah refrigerant sehingga dapat diatur perubahannya. Teknologi terbaru tersebut memang banyak digunakan saat ini. apalagi sudah dilengkapi dengan sistem komputerisasi.
  6. AC inverter, sangat populer digunakan masyarakat saat ini karena memang lebih hemat listrik, kerja dari AC inverter juga terbilang cepat untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan.

Tentunya Anda sudah memiliki gambaran jenis AC manakah yang paling tepat untuk dipasang di rumah bukan. Pastikan juga rutin melakukan service AC rumah secara berkala agar tidak terjadi kerusakan.