Menggunakan Jasa Daftar Merek

Menggunakan Jasa Daftar Merek
Menggunakan Jasa Daftar Merek

Menggunakan Jasa Daftar Merek – Dalam dunia bisnis, merek menjadi suatu hal yang penting untuk dimiliki. Karena dengan adanya brand, dapat memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis anda. Selain itu, memiliki merek yang resmi akan mendatangkan sejumlah keuntungan dalam berbisnis. Ingin tahu cara mendaftarkannya? Yuk simak sekilas informasi mengenai daftar merek dagang online.

Sekilas Mengenai Fungsi Merek

Menggunakan Jasa Daftar Merek
Menggunakan Jasa Daftar Merek

Umumnya, brand suatu produk divisualisasikan dalam bentuk dua dimensi baik berupa nama, gambar, logo, hingga bentuk yang lainnya. Selain digunakan pada bisnis maupun perdagangan, merek juga umum digunakan pada kegiatan aktivitas lain termasuk organisasi sosial. Berdasarkan KBBI (kamus besar bahasa indonesia), merek dapat disebut juga sebagai jenama.

Istilah yang satu ini memiliki fungsi yang beragam. Salah satu fungsinya adalah sebagai penanda dari suatu produk atau usaha. Pada dasarnya, setiap bisnis akan memiliki visualisasi bentuk merek yang berbeda beda. Dengan begitu, produk yang anda miliki menjadi semakin menarik. Jadi bisa dikatakan merek merupakan suatu pembeda atau identitas dari suatu bisnis.

Selain itu, brand pada suatu produk juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi. Tanpa adanya merek, kegiatan promosi yang dimiliki oleh suatu bisnis tidak akan berjalan secara efektif. Maka dari itu bagi anda baru ingin memulai bisnis maupun yang sudah memiliki bisnis, penting untuk memperhatikan merek dagang dan mendaftarkannya secara resmi.

Manfaat Menggunakan Hak Paten Merek

Hak paten merupakan hak kepemilikan yang diberikan oleh pemerintah untuk suatu individu atas ide maupun hasil karya inovatif yang telah dibuat. Dengan adanya hak yang satu ini, hasil karya maupun ide temuan akan memiliki perlindungan hukum. Sehingga, aktivitas plagiarisme atau peniruan suatu karya dapat diminimalisir.

Sama halnya dalam dunia bisnis, anda juga harus mendapatkan pengakuan hak paten saat menentukan merek produk. Jika merek bisnis anda telah resmi terdaftar, maka jaminan hukum akan anda kantongi. Sehingga jika suatu saat ada suatu pihak yang menyalahgunakan merek dagang tersebut, anda dapat menuntutnya melalui jalur hukum.

Selain itu jika merek telah terdaftar resmi dan diakui oleh negara, maka otomatis pelanggan akan memiliki kepercayaan yang tinggi pada produk atau jasa yang berasal dari perusahaan maupun usaha anda. Dengan begitu, jangkauan bisnis juga akan semakin bertambah dan dapat menjadikan bisnis anda semakin berkembang.

Cara Mendaftarkan Hak Paten Merek Bisnis Melalui Online

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendaftarkan hak paten merek suatu bisnis. Salah satunya adalah melakukan pendaftaran secara online. Saat melakukan pengajuan hak paten merek secara online, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Yang pertama, anda harus mengunjungi web resmi pemerintah dan melakukan registrasi pada situs tersebut.

Setelah itu, klik tanda tambah jika akan melakukan permohonan baru. Kemudian anda akan mendapatkan kode billing setelah mengisi jenis, tipe, serta pilihan kelas. Jika kode billing telah didapatkan, silahkan melakukan pembayaran berdasarkan tagihan yang tertera pada aplikasi. Setelah pembayaran, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi formulir.

Beberapa data pendukung seperti merek label, tanda tangan pemohon, serta surat keterangan UMK harus diupload. Lalu klik tombol selesai jika dan permohonan hak paten merek telah diterima. Adapun cara lain yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan jasa pendaftaran merek, dengan melalui jasa ini anda tidak perlu repot melakukan langkah langkah diatas.

Itulah sekilas informasi Badrul Mozila mengenai pendaftaran nama merek bisnis secara resmi. Dengan mendaftarkan nama brand, akan menjadikan bisnis anda memiliki identitas, kepercayaan, dan citra bisnis yang baik. Selain itu, bisnis anda juga dapat berjalan lancar dan efektif. Maka dari itu, jangan lupa untuk mendaftarkan hak paten merek yang ada pada bisnis anda.

Baca juga: