Pembayaran Digital Melalui BukuWarung Jauh Lebih Praktis dan Aman

Butuh Berapa Lama Membuat Pembukuan 2

Badrul Mozila : Berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mencatat aktivitas keuanganmu setiap harinya? 30 menit, atau mungkin beberapa jam? Tahu gak sih kamu? Bahwa pembukuan merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah bisnis supaya bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Pembukuan bukan hanya dilakukan oleh perusahaan berskala besar, tetapi bisnis berskala kecil seperti UMKM juga perlu menerapkan aktivitas ini untuk menjadi lebih berkembang.

Di zaman dengan kehidupan teknologi serba canggih saat ini banyak dimanfaatkan untuk membangun suatu bisnis. Mendirikan bisnis menggunakan teknologi yang marak berkembang saat ini sangat memberikan keuntungan karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan kepada para pemilik bisnis sehingga modal yang dikeluarkan dapat lebih mudah kembali dalam waktu yang singkat, selain itu profit yang dihasilkan juga dapat terpantau secara cepat.

Teknologi digital yang berkembang dengan pesat baru-baru ini juga menyebabkan timbulnya variasi bisnis yang sangat beragam untuk memenuhi barang dan jasa sesuai kebutuhan bahkan keinginan pelanggan. Pada bisnis yang berfokus kepada penjualan barang, tentunya sudah bukan menjadi hal asing dan tabu apabila partner yang berhubungan dengan bisnis tersebut tidak hanya pelanggan namun juga seorang supplier, sehingga pemilik bisnis akan membeli dan menjual barang dari penjual sebelumnya.

Melihat sistem supplay-chain atau rantai pasok yang umum terjadi dalam lingkar bisnis menyebabkan adanya suatu sistem hutang-piutang yang bukan tidak mungkin tidak terjadi karena adanya beberapa faktor yang mengharuskan salah satunya adalah kebutuhan membeli produk dalam jumlah banyak namun modal belum tercukupi. Namun seringkali adanya kebiasaan hutang-piutang antara supplier-pedagang maupun dari pedagang-pembeli menyebabkan adanya kesalahan dalam perhitungan kas, sehingga berakibat kepada menurunnya kualitas keungan dari suatu bisnis yang didirikan.

“Lalu apakah sistem hutang-piutang harus dihilangkan?”

Jika mendengar premis tersebut rasanya cukup berat karena perlu diakui bahwa adanya hutang dalam suatu bisnis dapat membantu bisnis untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Dari kesulitan-kesulitan yang muncul akibat hutang-piutang dalam lingkup bisnis ini, BukuWarung hadir sebagai solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan yang ada.

Apa itu BukuWarung dari Badrul Mozila 2

Yuk Kenali BukuWarung Lebih Jauh

BukuWarung merupakan sebuah aplikasi keuangan yang memiliki berbagai fitur penting  seperti catatan utang-piutang, atur nota, pengingat transaksi, pembayaran digital, hingga PPOB dalam satu aplikasi. Aplikasi keuangan dari BukuWarung ini tentunya menjadi trobosan yang baik di era digital untuk membantu para pelaku UMKM di Indonesia dalam mencatat keuangan.

Catatan keuangan yang ditawarkan oleh BukuWarung bukan hanya sekedar catatan keuangan yang tidak menghasilkan suatu analisis atau aksi tertentu kepada penggunanya karena terdapatnya fitur tagih hutang sehingga catatan keuangan tidak khawatir untuk hilang atau salah hitung.

BukuWarung hadir untuk membantu pengusaha pemula atau bahkan pengusaha handal melalui catatan hutang pelanggan yang tidak akan hilang, sehingga pemilik bisnis tau kemana arus kas yang belum seimbang antara pemasukan dan pengeluaran pada setiap bulannya. Uniknya lagi BukuWarung dapat membuat pemilik bisnis terhindar dari sifat lupa kapan harus menerima pembayaran hutang pelanggan karena ada fitur “Atur Tempo” yang dapat ditetapkan oleh pemilik bisnis. Mencatat hutang dan mengatur waktu jatuh tempo mungkin sudah dapat diselesaikan oleh uraian sebelumnya, tapi BukuWarung juga memiliki fitur pengingat hutang dengan mengirimkan notifikasi tersebut melalui WhatsApp, sehingga pemilik hutang dapat dihubungi secara lebih mudah.

Begitupun sebaliknya, pengusaha yang menggunakan supplier dalam kegiatan bisnisnya dapat lebih mudah apabila ingin melakukan transaksi karena pembayaran melalui BukuWarung tentunya bebas biaya admin. Pengguna BukuWarung bisa menagih atau membayar sejumlah transaksi via bank atau bahkan e-wallet tanpa perlu mengeluarkan biaya admin Rp. 6500, sehingga kas yang dimiliki tidak boros hanya untuk kebutuhan membayar biaya admin.

“Sudah sepraktis ini, apakah transaksinya aman?”

Jika pertanyaan ini dilontarkan tentu jawabannya adalah sangat aman. BukuWarung sendiri dalam pengembangannya bekerja sama dengan OY! dan Xendit. OY! dan Xendit sendiri adalah suatu platform transaksi yang terintegrasi dalam satu dashboard yang aman karena telah terlisensi oleh Bank Indonesia. Lisensi yang dimiliki ini jelas menandakan bahwa BukuWarung tidak aplikasi pembayaran yang sembarangan, tapi juga sangat memperdulikan tingkat keamanan serta menjaga identitas pengguna.

BukuWarung memang sangat cocok digunakan untuk kegiatan berbisnis karena adanya fitur kelola stok pada satu aplikasi terintegrasi. Juragan dapat menambahkan daftar stok yang dimiliki baik barang baru atau barang lama dengan memasukkan nama produk penjualan beserta jumlah stok yang tersedia. Catatan akan stok produk ini membuat arsip dalam gudang penyimpanan lebih tertata dan rapi. BukuWarung juga memberikan layanan fitur untuk mengatur harga jual dan harga modal dari suatu produk, adanya fitur mengatur harga ini membuat Juragan dapat dengan mudah melihat keuntungan yang dimiliki secara otomatis dan real time. Catatan stok akan barang penjualan tentunya bukan hanya menjadi catatan belaka namun membantu Juragan untuk mengetahui jumlah stok yang telah berkurang dari suatu transaksi yang dilakukan, dimana setiap ada transaksi penjualan yang masuk maka stok barang akan otomatis ter-update.

Keuntungan memakai BukuWarung sampai di sini saja?”

Keuntungan yang ditawarkan pengguna aplikasi BukuWarung bukan hanya untuk pengusaha handal atau pengusaha yang baru memulai karirnya namun BukuWarung juga dapat menjadi ladang untuk menciptakan pengusaha saat aplikasi ini diunduh di ponsel masing-masing. Hal ini karena fitur tambahan yang diberikan oleh BukuWarung berupa penjualan PPOB seperti pulsa, token listrik, paket data, serta e-wallet. Fitur menarik ini secara otomatis menjadikan pengguna untuk berbisnis melalui BukuWarung dan mendapat penghasilan tambahan lebih banyak lagi.

BukuWarung yang dasarnya adalah aplikasi pengingat untuk melakukan pembayaran dan penagihan penjualan juga memiliki pengembangan fitur untuk kegiatan arisan. Dengan fitur tersebut, pengguna aplikasi dapat menagih dan membayar arisan secara otomatis sehingga tidak akan lupa pada waktu jatuh temponya. Sedangkan untuk penjualan online, juragan bisa mengirimkan link pembayaran kepada pelanggan kemudian pelanggan dapat membayar melalui bank atau e-wallet. Fitur tambahan lainnya seperti mesin kasir yang ditawarkan menjadikan transaksi yang dilakukan dapat ter-arsipkan karena juragan dapat mencetak nota transaksi melalui BukuWarung dengan printer bluetooth serta mencetak nota online dan mengirimkannya via WhatsApp. Sedangkan untuk keperluan pribadi, BukuWarung mempermudah juragan untuk tidak mencapur adukkan pembukuan bisnis dengan pembukuan pribadi sehari-hari, sehingga catatan keuangan yang dimiliki lebih rapi dan tertata.

“Sejauh ini cukup menarik bukan?”

Layanan menarik yang dimiliki BukuWarung tidak sebatas samapai pada keuntungan-keuntungan yang telah diceritakan di atas. Pengguna aplikasi BukuWarung dapat terus produktif di luar kegiatan bisnis-berbisnis karena adanya konten-konten artikel yang bisa mem-booster pengetahuan penggunanya untuk dapat memperdalam ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bisnis. Konten-konten yang disajikan berupa konten informatif, peluang usaha, tips-tips bisnis, dan kegiatan bisnis UMKM. Melalui konten-konten artikel tersebut pengguna bisa lebih termotivasi untuk meningkatkan skill-skill dalam berbisnis.

Download BukuWarung sekarang untuk menikmati kemudahan dalam mencatat, menyimpan, dan melacak aktivitas keuanganmu. Selain itu kamu bisa berpeluang mendapatkan pendapatan tambahan tanpa modal.