Seberapa Penting Website?

Mengapa Kamu harus memiliki website? Haruskah kita memiliki sebuah website? Tentu jelas iya, apalagi untuk kamu yang memiliki sebuah bisnis atau perusahaan.

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi dari website? Nah kali ini Badrul Mozila akan memberikan ulasan dan pemahaman kepada kamu 5 Alasan Menagapa Harus Memiliki Website.

Informasi: Penyedia Hosting Website Terbaik hanya ada di www.domainesia.com

Perlu kamu ketahui, secara umum Website merupakan sebuah kumpulan halaman pada sebuah domain di internet.

Jangan lupa juga belajar teori SEO ya, supaya website kamu semakin dikenal oleh masyarakat luas. Informasi selengkapnya mengenai apa itu SEO bisa kamu baca di link berikut: https://www.domainesia.com/tips/apa-itu-seo/

Website digunakan sebagai media online yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada di seluruh penjuru dunia. Artinya website bisa dilihat dan diakses oleh orang dari seluruh dunia, baik di benua Eropa, hingga Antartika selama ada akses internet.

Dari fungsinya tersebut tentunya website bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seiring berjalannya waktu website dimanfaatkan sebagai media berjualan, promosi, atau pemasaran suatu brand atau produk.

Dengan menggunakan website di harapkan mampu menjangkau pelanggan/konsumen yang lebih luas. Nah itu merupakan salah satu alasan mengapa kamu harus memiliki sebuah website. Yuk simak terus artikel Badrul Mozila kali ini, mengenai alasan mengapa harus memiliki website.

5 Alasan Mengapa Harus Memiliki Website

Berikut 5 Alasan Mengapa kamu Harus Memiliki Website, apalagi untuk kamu yang sedang merintis maupun sudah memiliki bisnis atau perusahaan.

1. Dengan Website, kamu Bisa Melakukan Pemasaran Lebih Efektif

Alasan yang pertama mengapa harus memiliki website adalah karena dengan website Anda bisa melakukan pemasaran lebih efektif. Dengan memiliki sebuah website tentunya Anda bisa memasarkan brand atau bisnis Anda jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan cara konvensional.

Apalagi mengingat setiap orang di dunia tak terkecuali di Indonesia masyarakatnya sudah memiliki smartphone. Smartphone ini lah yang biasa digunakan untuk mengakses informasi yang ada di internet. Nah sumber informasi yang ada di internet ini berasal dari sebuah website.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bila pengguna internet di Indonesia adalah 171,17 juta. Data tersebut diambil pada tahun 2018 silam, nah di Indonesia saja pengguna internet sebanyak itu? Bagaimana di negara lain yang ada di dunia?

Kembali lagi ke topik utama, haruskah kita memiliki website? Harus, bagaimana dengan kamu? Apakah Anda ingin membiarkan ratusan juta pengguna internet tidak mengenal bisnis atau brand kamu? Itu kembali kepada masing-masing keinginan kamu.

2. Dengan Website, kamu Bisa Online 24 Jam Full Non Stop

Alasan mengapa harus memiliki website berikutnya adalah karena dengan website kamu bisa online 24 jam non-stop. Bagaimana bisa? Tahukah kamu, cara kerja website adalah menyimpan informasi yang telah diunggah ke web server sebagai database yang kemudian informasi tersebut bisa di akses, di buka oleh semua orang. Namun demikian, ada beberapa website yang hanya bisa digunakan untuk anggotanya saja, dengan cara login.

Namun fungsi utama dari website tetap sama, yakni bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Website pun bisa di akses kapan saja oleh semua orang yang artinya bisa di buka selama 24 jam non stop. Nah kembali ke topik utama, pentingkah, mengapa harus memiliki website?

Perlu kamu ketahui, setiap orang memiliki aktivitas sendiri-sendiri, baik bekerja maupun aktivitas lainnya. Jadi kapan orang-orang sibuk tersebut bisa punya waktu untuk melihat brand atau bisnis kamu kalau bukan dengan website? Dengan website, seperti yang Kami jelaskan sebelumnya, orang-orang sibuk tersebut bisa mengakses informasi bisnis kamu ketika sedang tidak melakukan aktivitas rutin mereka. Baik saat istirahat, libur, maupun di malam hari menjelang tidur.

Nah di jam-jam krusial tersebut lah website mampu menyampaikan, mengenalkan informasi bisnis kamu kepada mereka. Apalagi mengingat setiap orang memiliki waktu istirahat atau waktu luang yang berbeda-beda. Belum lagi adanya zona waktu yang menjadikan daerah satu dengan yang lain memiliki waktu yang berbeda-beda.

Jadi dengan memiliki website, kamu bisa menyampaikan informasi bisnis atau brand Anda untuk kapan saja dan dimana saja.

3. Memperluas Jaringan Bisnis

Alasan mengapa harus memiliki website yang berikutnya adalah dengan website kamu bisa memperluas jaringan bisnis atau relasi bisnis kamu.

Seperti yang sudah saya singgung pada poin-poin sebelumnya. Dengan website kamu bisa online atau melayani calon pelanggan kamu kapan saja, untuk siapa saja, dan dimana saja.

Dengan website, informasi bisnis atau brand kamu bisa diketahui di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan brand kamu bisa dikenal di negara Eropa maupun Timur Tengah.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Alasan mengapa harus memiliki website yang ke-empat adalah bisa meningkatkan kredibilitas bisnis atau perusahaan kamj. Mengapa demikian? Karena dengan sebuah website bisnis Anda yang tadinya tidak dikenal, dan diragukan keberadaannya bisa menjadi lebih kredibel.

Namun ada yang perlu diperhatikan jika ingin mengingkatkan kredibilitas bisnis kamu menggunakan website. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Menggunakan domain TLD dan sejenisnya, misalkan .com, .id, dsb.
  2. Tidak gratisan
  3. Memiliki desain yang menarik
  4. Bisa diakses oleh berbagai macam gadget
  5. Memiliki halaman yang memuat informasi perusahaan atau bisnis kamu, baik alamat, nomor yang bisa di hubungi, tentang perusahaan, dsb.

Apalagi kamu menggunakan domain .co.id pada website kamu, tentu ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis atau perusahaan kamu. Tahukah mengapa? untuk menggunakan domain .co.id perusahaan atau bisnis kamu harus resmi yang memiliki legalitas yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Baik NPWP perusahaan, SIUP, dan lain sebagainya.

Jadi untuk mendapatkan domain ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan atau bisnis yang legal dan resmi saja.

5. Hemat Anggaran

Alasan mengapa harus memiliki website karena dengan menggunakan website kamu bisa menghemat anggaran untuk promosi. Strategi pemasaran menggunakan website merupakan salah satu cara paling efektif dan bisa menghemat anggaran kamu.

Dengan mengeluarkan anggaran di kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp 5 jutaan saja kamu bisa mendapatkan website profesional yang modern. Disini kamu harus benar-benar pintar memilih jasa pembuatan website murah yang berkualitas. Jangan sampai dengan iming-imingan harga website murah, kamu tidak mempertimbangkan spesifikasi website yang ditawarkan tersebut. Alhasil yang ada bukan menghemat anggaran melainkan merugi.‎